Apa itu Bell’s Palsy?

Di masyarakat kita lagi heboh oleh berita tentang Bell’s Palsy atau mulut metok/miring  diisukan karena badan kena hembusan  “Kipas Angin” apa benar?

Bellfs palsy,ditemukan oleh Sir Charles Bel karena gangguan pada syaraf otak ke-7 yang berfungsi menyebabkan perintah otak yang menggerakkan wajah jadi terganggu akibat wajah lumpuh sebagian dan membuat bentuk wajah jadi miring sebelah (muka metok)

Kelumpuhan ini murni disebabkan jepitan pada syaraf ke-7,Bellfs palsy menyebabkan kelumpuhan pada separoh wajah, akibat adanya himpitan yang menekan serabut syaraf ke-7 sehingga tak bisa menyampaikan impuls dari pusat syaraf pada batang otak.Berbeda dengan stroke,menyebabkan kelumpuhan badan penyebab seperti pembuluh darah pecah atau tersumbat

GEJALA BELL’S PALSY

Bell’s palsy juga disertai sakit kepala tak spesifik. rasa kebas,karena syaraf perasa di wajah.kekakuan pada otot wajah  tebal pada kulit wajahnya.

PENYEBABNYA :

1.Beberapa teori lama,menyebutkan ANGIN yang menyusup ke belakang telinga sering jadi penyebab Bellfs palsy.

2.Ada pula yang berpendapat, kondisi ini diakibatkan serangan virus cytomegalovirus, atau herpes. tanpa bepergian atau terkena angin, maupun mendapat serangan virus sekalipun, seseorang tetap bisa terserang Bellfs palsy.

3.Pada wanita hamil, saat kelelahan, orang dengan gangguan auto imun atau orang dengan diabetes juga rentan terserang Bell’s palsy

PENGOBATAN

Karena penyebabnya adalah autoimum dg daya tahan tubuh labil n penyakit DM yang menyebabkan imunitas tubuh menurun.

Bell’s palsy bisa sembuh hingga 100 persen dan tak meninggalkan kecacatan dan akan sembuh sendiri dalam waktu 4 sampai 7 hari.

Asalkan ditangani tepat dan tak terlambat, bisa sembuh sempurna.

Bellfs palsy sebaiknya beristirahat atau mengurangi aktivitas wajah selama beberapa hari setelah terkena serangan. Dan segera berkonsultasi ke dokter syaraf selama masih dalam golden period .

Sekilas info,Semoga bermanfaat.

Leave a Reply